Beranda > Berita >  Tingkatkan Pelayanan, BBPJN VI Rotasi Pejabat Perbendaharaan

Tingkatkan Pelayanan, BBPJN VI Rotasi Pejabat Perbendaharaan


Jakarta, 20 Januari 2017, 20 Januari 2017



JAKARTA-MEDIA JALAN JAKARTA. Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VI (BBPJN VI) melaksanakan Serah Terima Jabatan Pejabat Perbendaharaan di Lingkungan BBPJN VI Jakarta di kantornya di Jakarta, 20 Januari 2016. "Satu yang perlu diingat, rotasi seperti ini sudah menjadi hal yang biasa dalam sebuah organisasi," kata Bambang Hartadi, Kepala BBPJN VI dalam sambutannya.  

Menurut Bambang, tidak mudah merotasi pejabat perbendaharaan karena mempertimbangkan banyak hal seperti sejumlah kriteria baru, ada pejabat baru, dan beberapa di antaranya pensiun. Namun semua ini harus dilalui untuk membentuk sebuah organisasi yang solid dan total dalam memberi pelayanan kepada masyarakat. "Prosesnya cukup lama, sudah dari Oktober 2016," tutur Bambang.

Lebih lanjut Bambang menyampaikan beberapa pesan dari Menteri PUPR dan Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR supaya BBPJN VI turut aktif mewujudkan semangat baru untuk melayani. Sebagai contoh, Bambang mengajak para pejabat baru yang terdiri dari Satker (Satuan Kerja), PPK (Pejabat Pembuat Komitmen), PPSPM (Pejabat Penanda Tangan Surat Perintah Membayar) dan Bendahara untuk menjadi insan-insan Bina Marga yang hidup sederhana. "Di lingkungan PU, Ditjen Bina Marga memegang anggaran yang paling besar. Jaga perilaku, hiduplah sederhana dan jadilah SDM yang berprestasi," ungkap Bambang.

Para pejabat baru juga diminta untuk menutup semua lobang yang memiliki potensi terjadinya pungutan liar (pungli). Tim Saber Pungli memang belum bergerak karena Kementerian PUPR sedang menyusun SOP dalam perizinan. Ketika sudah selesai maka tim akan bergerak. "Saya ingatkan di lapangan jangan terjebak, mawas diri, terus terang ini akan sangat diawasi. Begitu SOP disepakati maka akan dijalankan."

Salah satu konsekuensi rotasi ini adalah ada banyak pejabat yang pindah, jauh dari keluarga. "Saya pesan, jangan cari keluarga baru. Ini benar adanya, ini serius. Di lapangan, segala kemungkinan terjadi," pesan Bambang.

Terkait pekerjaan, ada pesan khusus dari Menteri PU terkait pemeliharaan jalan nasional. "Pak Menteri minta jalan nasional yang punya trotoar dan media jalan harus selalu bersih dan dicat hitam-putih. Jangan sampai daerah itu ditutupi oleh rumput yang tumbuh liar. Saya minta bapak ibu menumbuhkan rasa memiliki dan rasa risih. Drainase juga harus selalu dibersihkan," papar Bambang.

Tidak hanya kerja fisik, Bambang melanjutkan, tugas perbendaharaan di tahun ini adalah meningkatkan tertib administrasi supaya kita semua kembali mendapatkan opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari BPK. Terkait hal ini, Bambang menyoroti masalah Kendaraan Dinas Operasional (KDO). "Mereka yang pegang KDO tolong segera lapor. Kalau tidak lapor, maka akan dilaporkan ke polisi sebagai mobil hilang. Konsekuensinya, kalau KDO dipakai bisa ditangkap dan berurusan dengan pihak kepolisian." 

Akhirnya selamat kepada para pejabat yang baru saja dilantik. Dan selamat bekerja, selamat melayani dengan hati. (ONE/BBPJN VI)


Baca Juga :

Tiga Alternatif Disiapkan untuk Tangani Jembatan Ketapang Banjar