Beranda > Berita >  BBPJN VI Sosialisasikan Aplikasi SIMAK BMN dan SAI

BBPJN VI Sosialisasikan Aplikasi SIMAK BMN dan SAI


Sentul, 16 Januari 2016, 16 Januari 2017



JAKARTA-MEDIA JALAN JAKARTA. Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VI (BBPJN VI) mengadakan sosialisasi aplikasi persediaan, SIMAK BMN dan SAI pada 16-17 Januari 2017 di Sentul. "Untuk menjalani tupoksi (tugas pokok dan fungsi) maka saya tegaskan bahwa satker-satker di BBPJN VI agar tertib dalam hal penyusunan laporan yang meliputi SIMAK BMN dan SAI," kata Novri Haryandi, Kepala Tata Usaha BBPJN VI saat membuka acara (16/1/2017).

Menurut Novri, sosialisasi ini ditujukan untuk subbagian keuangan dan umum, serta subbagian pengelolaan barang milik negara (BMN). Berdasarkan Tupoksi, subbagian keuangan dan umum bertugas melakukan peyusunan rencana dan pengelolaan keuangan, penyusunan laporan akuntansi hasil pemeriksaan dan pangaduan masyarakat serta pengelolaan urusan tata usaha, kearsipan dan rumah tangga. Sedangkan subbagian pengelolaan barang milik negara bertugas melakukan pengelolaan administrasi, akuntansi, pelaporan BMN, dan pengamanan fisik dan proses sertifikasi BMN pra konstruksi, serta pengelolaan leger jalan.

Acara yang dihadiri sekitar 50 orang ini memberi kesempatan kepada petugas-petugas satker dan wilayah untuk  memantapkan laporan keuangannya masing-masing sehingga siap untuk menyelesaikan kegiatan konsolidasi di tingkat eselon I yang akan diadakan dalam waktu dekat.

"Saya berharap para peserta sosialisasi dapat mengikuti acara secara pro-aktif, benar, dan menguasai dengan baik aplikasi SIMAK BMN dan SAI yang akan dipandu oleh instruktur dari Setditjen Bina Marga sehingga tidak ada kesalahan dalam proses input data," tutup Novri.

Aplikasi SIMAK BMN atau Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik Negera adalah aplikasi yang dibuat  untuk membantu proses inventarisasi BMN yang dimiliki satuan kerja (instansi). Sedangkan Aplikasi Persediaan adalah aplikasi yang dibuat untuk mencatat data persediaan baik barang habis pakai atau selainnya yang dimiliki oleh satuan kerja (satker)/ instansi. (ONE/BBPJN VI)


Baca Juga :

Pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II dan Krian-Legundi-Bunder-Manyar Ditandatangani