Beranda > Berita >  Presiden Jokowi Ucapkan Selamat Kepada Para Pemenang Lomba Pekerja Konstruksi

Presiden Jokowi Ucapkan Selamat Kepada Para Pemenang Lomba Pekerja Konstruksi


, 09 November 2016



Jakarta-Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkesempatan memberikan ucapan selamat kepada 3 orang perwakilan pemenang pertama lomba pekerja konstruksi untuk kategori pembesian, juru ukur dan pemasangan batu bata. Hal tersebut dilakukan pada saat Presiden Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Dirjen Bina Konstruksi Yusid Toyib dan rombongan mengunjungi stand pameran Kementerian PUPR usai membuka acara Indonesia Infrastructure Week dan Konstruksi Indonesia 2016 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (9/11).
 
Pelaksanaan lomba pekerja konstruksi sendiri telah dilakukan sejak Minggu (06/11) mulai babak penyisihan, hingga final pada Selasa (08/11) di Jakarta. Peserta yang ikut lomba ini berjumlah 427 peserta yang berasal dari 34 provinsi. 
 
Kepada para pemenang lomba pekerja konstruksi, Menteri Basuki berpesan agar jangan segan-segan untuk menularkan ilmu yang dimilikinya. "Kalian sudah diakui sebagai ahli pertukangan dan itu tidak gampang. 
Jangan segan-segan menularkan keahlian karna pasti akan ditambah karna kalau disimpen ilmunya ga akan nambah," kata Menteri Basuki. 
 
Setelah Presiden Jokowi meninggalkan lokasi acara, Menteri Basuki melanjutkan kunjungan ke stand pameran lainnya diantaranya stand pameran alat berat. Disamping itu Menteri Basuki juga melihat mobile training unit (MTU) atau mobil pelatihan keliling milik Kementerian PUPR yang turut dipamerkan. MTU ini telah disebar ke berbagai daerah untuk memberikan pelatihan keterampilan dalam rangka peningkatan jumlah sertifikasi pekerja konstruksi hingga ke pelosok nusantara. 
 
Menteri Basuki didampingi Kepala Balitbang Danis H. Sumadilaga, juga melihat Teknologi  Bendung Knock Down dan Pintu Air Berbahan Karet hasil penelitian Balitbang Kementerian PUPR yang juga dipamerkan pada acara tersebut. 
 
Kelebihan dari bendung knock down yang terbuat dari blok beton ini adalah bila ada yang rusak atau hanyut, tidak akan merusak bendung seluruhnya sehingga yang diganti hanya blok beton yang rusak atau hanyut saja. Sementara itu sebagai penghasil karet alam terbesar kedua dunia dan memiliki daerah irigasi yang luas, penggunaan pintu air berbahan karet akan meningkatkan penyerapan produksi karet dalam negeri.
 
Pameran Indonesia Infrastructure Week dan Konstruksi Indonesia 2016 dilaksanakan selama 3 hari, 9-11 November 2016 di JCC Senayan, Jakarta dan gratis bagi pengunjung. Peserta pameran menampilkan berbagai produk dan jasa dibidang konstruksi tidak hanya dari dalam negeri namun juga perusahaan luar negeri. Indonesia sendiri memiliki stand pameran berupa Indonesia Paviliun yang menampilkan program dan hasil pembangunan infrastruktur dari Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian PPN/Bappenas, Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP), Badan Kordinasi Penanaman Modal (BKPM), Kementerian ESDM, Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BPPPTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika. (ONE/MKY/BBPJN VI/BIRKOMPU)


Baca Juga :

DIPA TA 2017 Kementerian PUPR Ditetapkan Sebesar Rp 101,496 Triliun